HomeKetahui Penyebab Laptop Blue Screen Biar gak Panik!KomputerKetahui Penyebab Laptop Blue Screen Biar gak Panik!

Ketahui Penyebab Laptop Blue Screen Biar gak Panik!

Beberapa penyebab laptop blue screen berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak panik jika suatu saat permasalahan tersebut terjadi pada laptop kesayangan Anda.

Bluescreen merupakan salah satu jenis permasalahan yang kerap kali ditemui diperangkat dengan OS Microsoft Windows. Biasanya, blue screen juga dikenal dengan sebutan Blue Screen of Death (BSOD).

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Blue screen Terampuh!

Lebih lanjut, perangkat yang mengalami BSOD biasanya akan mengalami restart otomatis dengan tampilan layar berwarna biru. Akan tetapi, Anda tidak perlu panik, karena biasanya perangkat bisa beroperasi kembali seperti sedia kala.

Lantas, apa saja penyebab laptop blue screen? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Penyebab Laptop Blue Screen

Cara Mengatasi Laptop Blue screen Terampuh!

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa penyebab laptop blue screen:

Software

Biasanya, blue screen bisa timbul akibat permasalahan dari software atau perangkat lunak seperti:

  • Driver tidak kompatibel: Driver yang tidak kompatibel bisa saja mengakibatkan terjadinya error seperti blue screen. Selain itu, penginstalan dan update driver juga ikut berpengaruh.
  • Driver usang: Selain itu, driver yang usang juga bisa menyebabkan blue screen pada laptop. Sehingga, Anda perlu melakukan pembaruaan secara teratur dan berkala.
  • BIOS (Basic Input Ouput Sytem): Sementara itu, pembaruan BIOS yang tidak cocok dengan versi sebelumnya juga bisa menyebabkan terjadinya blue screen.
  • Virus: Di lain sisi, blue screen juga bisa disebabkan oleh adanya serangan virus yang merusak file sistem. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunduh antivirus terpercaya.

Hardware

Sementara itu, blue screen juga bisa terjadi karena hardware atau perangkat keras seperti:

  • Usang: Beberapa jenis hardware memiliki masa aktif pemakaian, sehingga akan mengirimkan peringatan melalui blue screen jika hardware telah kadaluarsa.
  • Pemasangan tidak benar: Adapun, pemasangan hardware seperti hard drive, chip, kabel, dan lain-lain yang tidak benar juga akan menampilkan blue screen.
  • Storage: Lebih lanjut, ruang penyimpanan yang penuh juga dapat menyebabkan terjadinya blue screen. Karena, sistem operasi tidak terakomodasi dengan baik.
  • Sirkulasi udara: Terakhir, kipas yang rusak juga dapat menyebabkan adanya blue screen. Hal ini disebabkan, laptop tidak memiliki alat untuk mendinginkan mesin, sehingga laptop menjadi overheat.

Kesimpulan

Itu tadi merupakan penyebab laptop blue screen yang wajib untuk Anda ketahui. Adapun, blue screen bisa disebabkan karena dua faktor yaitu software maupun hardware. Penting bagi Anda untuk menjaga dua komponen tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah nantinya.

Laptop atau komputer mengalami masalah? Tapi malas untuk berkendara keluar rumah? Tenang! TeknisiGO bisa menjadi solusi yang tepat!

Dengan layanan home visit teknisi pertama di Indonesia, kami siap melayani service berbagai perangkat laptop, komputer, hingga handphone, langsung dari rumah Anda tanpa ribet!

Tunggu apa lagi? Unduh (Android dan iPhone) aplikasinya sekarang juga!

Service AntiĀ  Ribet ya di TeknisiGo. Coba TeknisiGo sekarang!

Download TeknisiGo

Download TeknisiGo dan nikmati berabgai keuntungan di dalamnya